PEKANBARU,MITRAMEDIS.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyambut baik rencana pengoperasian maskapai Malaysia Airline (MAS) rute Kuala Lumpur – Pekanbaru. Penambahan maskapai diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Riau.

“Kami sangat senang sekali adanya menambah rute penerbangan Pekanbaru-Kuala Lumpur oleh MAS,” kata Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar usai melakukan pertemuan dengan Konsulat Malaysia di Pekanbaru, di kantor Gubernur Riau, Selasa (14/5/2019).

Syamsuar mengatakan, berdasarkan informasi yang diperoleh dari pihak Konsulat Malaysia, MAS sudah membuka konter pelayanan maskapai di Pekanbaru.

“Sekarang konternya sudah siap berkenaan dengan pesawat MAS rute Kuala Lumpur – Pekanbaru,” cetus mantan Bupati Siak dua periode ini.

Menurutnya, pihak MAS sendiri sudah siap melakukan penerbangan rute Kuala Lumpur – Pekanbaru, kalau saat ini izinnya sudah dikeluarkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Kalau sekarang ini sudah diizinkan oleh Kemenhub MAS sudah siap. Tapi mereka mendapat gambaran, kemungkinan pada September baru dapat keluar izin dari Kemenhub,” paparnya.

Dengan adanya penambahan rute penerbangan, sebut Syamsuar, maka nantinya terdapat dua maskapai penerbangan yang melayani penerbangan Kuala Lumpur – Pekanbaru, yakni Air Asia dan MAS.

“Tadi kita tanya juga, apakah MAS bisa membawa jemaah haji atau umrah asal Riau ke Jeddah atau Madinah. Itu sedang dibicarakan kepada pihak MAS,” cakapnya

Dengan adanya pelayanan penerbangan MAS, tambah Syamsuar, maka ini sangat mendukung Riau ditetapkan sebagai destinasi pariwisata halal.

“Ini sejalan dengan Malaysia yang juga sudah ditetapkan sebagai destinasi wisata halal dunia oleh Global Muslim Travel Indeks (GMTI). Tentu harapkan saya kita dapat menjalin kerjasama di bidang pariwisata halal, sehingga kedepan kita harapkan tingkat kunjungan wisatawan ke Riau bisa lebih meningkat,” tukasnya.